Monday, March 15, 2010

Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com)
.fullpost{display:inline;}
By Om-Com
Setelah Sobat tahu apa itu blog, selanjutnya sobat tentu ingin tahu bagaimana cara membuat blog. Baiklah Sobat...kali ini Om-Com akan memberitahu sobat bagaimana membuat blog di Blogger.com. Kenapa di blogger? Sebab Om-Com membuat blog yang sedang Sobat kunjungi ini di Blogger.com.Ok Sobat...Om-Com langsung saja ke pokok bahasan. Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan untuk membuat blog adalah sebagai berikut:1. Membuat Google AccountKenapa Google Account? Sebab Blogger.com adalah situs layanan blog garatis milik Google. Untuk membuat Google Account, Sobat dapat membuatnya di http://www.gmail.com/ ( Google Mail ). Adapun cara membuatnya sama dengan membuat E-mail di Yahoo, Hotmail dan situs-situs penyedia layanan e-mail lainnya. Lebih detailnya Sobat bisa lihat di sini. Jika Sobat sudah memiliki Google Account maka sobat dapat menggunakannya untuk mendaftar di berbagai layanan milik Google seperti Google Analytics, Google Adsense, Google Adwords dan lain-lain.
2. Setelah Google Account Sobat sudah jadi maka selanjutnya sobat membuka situs http://www.blogger.com/ untuk mulai mendaftar di blogspot.
Gambar 1. Tampilan Depan Halaman BloggerBentuk tampilan halaman Blogger.com adalah seperti Gambar 1 diatas. Jika sobat sudah memiliki Google Account maka sobat tinggal memasukkan ID dan password sobat pada kolom “Sign in menggunakan Account Google Anda”, kemudian klik tombol “MASUK”.3. Setelah sobat Mengklik tombol “MASUK”, Sobat akan masuk ke form memberi nama blog yang sobat akan buat seperti pada gambar di bawah ini
Gambar 2. Form untuk Memberi Nama BlogPada form ini, Sobat diminta untuk mengisi Judul Blog (Blog Tittle) dan Alamat Blog (URL). Isilah judul blog sobat, sesuai dengan tema yang Sobat akan bahas pada blog tersebut. Misalnya tentang otomotif maka sobat mengisinya dengan TUTORIAL OTOMOTIF atau yang lainnya. Untuk Alamat Blog, Sobat dapat menggunakan alamat apa saja dan kalo bisa berhubungan dengan topik yang akan dibahas. Misalnya tutorialotomotif atau bisa juga tutorial-otomotif atau yang lainnya. Jika ada orang yang sudah menggunakannya biasanya anda akan diberi daftar alternatif lain dibawahnya setelah anda mengklik “Cek Ketersediaan”. Kemudian klik “LANJUTKAN”Jika sobat belum memiliki Google Account maka Sobat mengklik pada panah besar yang berwarna merah bertuliskan “CIPTAKAN BLOG ANDA” pada Gambar 1. Setelah itu sobat akan masuk pada form “Ciptakan Sebuah Google Account” seperti gambar dibawah ini.
Gambar 3. Menciptakan Sebuah Google Account4. 4.Setelah Sobat meng-klik tombol “LANJUTKAN” maka sobat akan masuk ke halaman berikutnya yaitu memilih sebuah template untuk blog anda.
Gambar 4. Memilih TemplatePilihlah template yang anda inginkan menurut selera Sobat dan Klik tombol “LANJUTKAN”.Ok....Sekarang Blog Sobat sudah jadi dan tinggal mengisi blog sobat dengan konten-konten yang sesuai dengan topik yang sobat ingin bahas. Untuk diketahui blog sobat akan memiliki format url http://namabloganda.blogspot.com artinya blogspot menunjukkan bahwa blog sobat dibuat di Blogger.com. Baiklah sobat, tinggal anda mempraktikkannya pada komputer anda dan Om-Com ucapkan selamat datang di blogosphere.
Dipetik dari:
http://www.blogger.com/post-create.g?blogID=3333844845100493961

2 comments:

  1. Tahniah le pada sifu halim untuk maklumat cara2 membina blog tu.
    Memang tepat bagai dikata, sifu halim ni memang seorang webmaster.
    Bye............

    ReplyDelete
  2. Halim,ini merupakan satu artikal yang membantu dalam pengajaran dan pembelajaran guru.

    ReplyDelete